Perusahaan Fintech Terbaik Tahun 2021 Ini Bikin Langkahmu Makin Mudah dan Nyaman

Fintech Terbaik Tahun 2021 – Di era digital ini, perkembangan teknologi tampak dengan jelas berkembang begitu pesat. Tidak mengherankan memang apabila banyak sekali perusahaan baru yang muncul di bidang ini.

Fintech Terbaik Tahun 2021
shutterstock.com

Teknologi ini bukan hanya membuat perusahaan baru bermunculan, tetapi juga semakin mempermudah kehidupan orang-orang di dunia ini. Aktivitas yang sebelumnya dilakukan dengan agak sedikit mengeluarkan tenaga yang lebih besar, kini bisa dilakukan bahkan tanpa mengeluarkan tenaga yang berarti.

Misalnya saja seperti berbelanja atau memesan makanan. Waktu dulu, tentunya sebelum teknologi jauh berkembang, ketika hendak berbelanja kita harus berjalan menuju toko yang dimaksud.

Namun kini, tanpa keluar rumah pun, kita bisa membeli barang yang kita inginkan hanya dengan mengoperasikan ponsel kita.

Nah tidak hanya itu saja, teman-teman. Bahkan dompet pun kini juga memiliki inovasi barunya.

Yakni dompet digital. Banyak sekali perusahaan yang mengembangkan dompet digital ini.

Perusahaan itu biasa disebut dengan perusahaan fintech. Memangnya apa sih perusahaan fintech itu.

Pengertian Fintech

Fintech sendiri sering disebut sebagai bentuk teknologi dari jasa keuangan. Perkembangan teknologi banyak sekali dimanfaatkan oleh orang-orang dan startup untuk melakukan sebuah inovasi.

Salah satunya fintech ini. Dulu kita sering diributkan dengan uang kertas atau dompet yang sering ketinggalan ketika pergi.

Namun sekarang, dengan adanya inovasi tersebut, kita menjadi memiliki dua opsi. Bisa membayar dengan uang tunai atau uang digital. Dua opsi tersebut memberikan manfaat yang begitu besar.

Apalagi ketika uang tunai tidak ada. Kita bisa membayar barang yang kita beli dengan uang digital tanpa harus bersusah-payah mencari-cari mesin ATM.

Tidak hanya transaksi pembayaran saja. Fintech ini mencakup berbagai transaksi yang berkaitan dengan uang. Misalnya saja transfer, pinjaman uang online, wadah uang online, hingga pengelolaan yang bisa kita lakukan seperti sedang mengelola dompet kita.

Tak khayal jika semuanya beralih ke digital. Pandemi covid-19 yang memaksa keadaan mau tidak mau hampir semuanya beralih ke digital.

Hal inilah yang menyebabkan inovasi-inovasi tersebut bermunculan. Startup dan perusahaan lama seolah berlomba-lomba mengembangkan inovasi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi ini.

Baca juga: Starup Edutech Solusi Belajar Kekinian

Perusahaan Fintech Terbaik Tahun 2021

Nak berbicara soal perusahaan fintech, tentu saja kita sudah mengetahui, banyak sekali perusahaan fintech yang bertebaran hingga detik ini. Mereka menggelar iklan-iklan baik di TV, Youtube, atau bahkan sampai di website sekalipun.

Bahkan dari kita pun sudah ada yang menggunakan produk dari perusahaan fintech tersebut. Perusahaan fintech sendiri memiliki beragam sistem masing-masing di setiap produknya.

Mereka seolah memiliki sistem yang menjadi kelebihannya. Ada aplikasi yang mengunggulkan sistem penyimpanan uang, ada juga yang mengunggulkan sistem dalam kaitan meminjamkan uang.

Hal ini tentunya dilakukan oleh mereka untuk menarik perhatian orang-orang yang hampir semuanya melakukan transaksi melalui online. Nah berikut ini beberapa perusahaan fintech terbaik tahun 2021.

1. LinkAja

logo linkaja
logo linkaja

Pada urutan pertama ternyata ada LinkAja. Aplikasi Link Aja sudah tersebar luas. Kita bisa mengunduhnya di Play Store atau App Store.

LinkAja dulunya memiliki nama Telkomsel Cash atau TCASH. Di mana aplikasi ini digunakan untuk bertransaksi uang. Seperti menyimpan uang, mentransfer uang dan sebagainya.

LinkAja merupakan produk dari Telkomsel yang bekerja sama dengan BUMN. Makanya tak mengherankan apabila kita hendak memesan tiket kereta api di aplikasi KAI Acces, kita harus membayarnya melalui LinkAja.

Karena apa, aplikasi ini merupakan wujud atau hasil kerja sama antara BUMN dan Telkomsel.
Kita bisa melakukan pembayaran menggunakan LinkAja entah ketika berbelanja online maupun offline.

Kalau Online, kita tinggal kirim saja melalui aplikasi. Sedangkan offline, kita harus scan barcode antara LinkAja dan barcode yang tersedia di toko.

Kita bisa top up saldo LinkAja melalui beberapa cara. Pertama, dengan menggunakan ATM, bank mobile dan sejenisnya. Kedua, kita juga bisa datang ke gerai-gerai LinkAja terdekat.

Biasanya di Alfamart dan Indomart ada. Sehingga dapat memudahkan kita untuk top up kapan saja.

LinkAja menjadi perusahaan fintech terbaik karena sistemnya mudah. Orang-orang pun bisa mengakses Link Aja dengan cepat.

2. Gopay

logo gopay
logo gopay

Gojek menjadi pencetus pertama ojek online di Indonesia. Banyak sekali simpang-siur waktu kemunculannya.

Beberapa tukang ojek merasa dirugikan karena adanya ojek online ini. Mereka sempat berdemo dan berkelahi satu dengan yang lainnya. Bahkan sampai-sampai para tukang ojek pengkolan memasang patok.

Namun seiring berjalannya waktu, Gojek terus berkembang. Beberapa ojek offline yang merasa sepi, mau tidak mau ikut bergabung juga.

Nah dari situlah Gojek mulai membuka dompet digital yakni Gopay. Semua pelanggan Gojek bisa memiliki dua opsi untuk melakukan pembayaran.

Melalui Gopay atau uang tunai. Gopay sendiri memang cukup mudah digunakan. Kita bisa mengisi Gopay hanya dengan mengisi pulsa layaknya pulsa biasa ke nomor yang digunakan untuk mendaftar Gopay.

Kita bisa mengisi Gopay kapan saja. Bahkan sekarang konter-konter pulsa pun menyediakan pengisian Gopay agar driver dan pelanggan bisa dengan mudah mengisi Saldonya.

Dari pengguna Gopay yang akan terus meningkat dan saat penggunanya sudah banyak, kita dapat menilai bahwa Gopay juga termasuk salah satu perusahaan fintech terbaik.

3. ShopeePay

logo shopeepay
logo shopeepay

Shopee merupakan aplikasi perbelanjaan online. Kemunculan Shopee memang menggemparkan dulunya.

Mereka dengan berani memberikan gratis ongkir ke seluruh dunia tanpa tanggung-tanggung. Bahkan ada diskon besar-besaran bagi siapa saja yang mau menjual barang dan membeli barang melalui Shopee.

Karena itulah banyak sekali peminat dan pelanggan Shopee. Jika ditelisik, orang-orang kebanyakan lebih memilih membeli barang di Shopee ketimbang di toko offline.

Karena apa, barang di Shopee lebih lengkap dan mudah sekali dicari. Hanya dengan mengetik di kolom pencarian, barang yang kita cari akan muncul.

Shopee pun mulai melakukan inovasi setelah banyak penggunanya. Dia membuat dompet digital yakni ShopeePay.

Perlahan tapi pasti, gratis ongkir yang hanya diberi cuma-cuma kini harus dengan syarat. Apalagi kalau bukan menggunakan ShopeePay.

ShopeePay pun menjadi primadona karena gratis ongkir akan didapatkan ketika transaksi yang berlangsung menggunakan ShopeePay. Sama halnya dengan Gopay, saldo ShopeePay juga dapat diisi melalui transfer ATM atau mengisi di gerai-gerai yang tersedia.

Jika melihat dari pengguna Shopee, ShopeePay juga termasuk perusahaan fintech terbaik tahun 2021 karena tidak ada komplain dan penggunanya pun terus meningkat dan juga stabil.

Hal itu disebabkan ShopeePay masih digunakan oleh penggunanya untuk berbelanja sehari-hari.

Nah itulah beberapa perusahaan fintech terbaik tahun 2021 yang mungkin masih bisa kita temukan dalam jangka waktu 5 tahun ke depan. Karena apa, hampir semua aktivitas beralih ke digital.

Entah berbelanja, memesan makanan, bepergian dan masih banyak lagi yang tidak bisa disebutkan satu per satu.

Give a Comment