Tips Memilih Coworking Space yang Nyaman

Tips Memilih Coworking Space – Untuk memulai bisnis tentunya memerlukan biaya. Salah satunya biaya kantor atau lokasi dimana bisnis akan di jalankan.

tips memilih coworking space
Genius Idea Coworking Space

Untuk memiliki gedung sendiri niscaya masih menjadi sesuatu yang berat. Perusahaan harus mengeluarkan dana yang begitu mahal untuk menyewanya.

Oleh karena itu, mereka memutar otak dan berusaha mencari tempat kerja yang murah dan tidak terlalu banyak mengeluarkan dana.

Terlebih kini perkembangan iklim entrepreneur di negeri ini mengalami peningkatan. Meskipun pandemi, tetap saja orang-orang masih mau memulai bisnis walaupun dengan merangkak.

Hal ini tentunya dimanfaatkan bagi tuan tanah dengan menaikan harga sewa properti yang mereka miliki. Tak tanggung-tanggung memang dalam memberikan harga.

Namun mau bagaimana lagi. Toh mereka yang punya properti tersebut. Bagi yang mampu boleh-boleh saja menyewanya.

Bagi yang belum, tentu saja hal itu akan membuat napas mereka semakin berat karena baru pertama merangkak sudah mendapatkan harga sewa yang bombastis.

Tingginya harga sewa tersebut menjadi alasan mengapa coworking space bermunculan. Coworking space merupakan sebuah ruangan yang sering dijadikan untuk tempat bekerja beberapa perusahaan.

Adanya hal itu merupakan cara meminimalisir pengeluaran dana agar tidak membengkak.

Baca juga: Startup di Jogja yang Wajib Kamu Ketahui

Lebih Dekat dengan Coworking Space

Lalu apa sebenarnya Coworking space tersebut? Mengapa saat ini begitu digandrungi dan bisa menjadi sebuah alternatif khususnya bagi perusahaan rintisan.

Coworking space merupakan sebuah tempat di mana di dalamnya banyak sekali individu dari latar belakang yang berbeda bisa bekerja dengan optimal.

Pada umumnya ruangan disediakan mengusung tema transparansi atau open space. Di mana satu dengan yang lainnya dapat berinteraksi dengan bebas meskipun mereka berlatar belakang bisnis yang berbeda.

Cara ini tentu dapat mengurangi rasa bosan yang biasanya membelenggu. Tempat ini biasanya cocok untuk para freelancer yang tidak mempunyai kantor khusus untuk bekerja.

Coworking space ini bukan hanya ruangan kosong yang di mana orang-orang boleh memilih tempat di mana saja mereka mau bekerja. Tidak-tidak, bukan seperti konsepnya.

Biasanya ruangan tersebut dilengkapi dengan fasilitas lengkap sehingga orang-orang yang berada di sana, produktivitasnya dapat meningkat.

Perusahaan startup yang belum mempunyai banyak karyawan merupakan perusahaan yang paling sering memakai coworking space untuk bekerja.

Mengkoordinasikan para karyawan yang jumlahnya relatif sedikit. Jika tidak begitu, pimpinan perusahaan akan kebingungan mencari karyawannya. Karena karyawannya memilih sendiri tempat kerjanya dan berpencar.

Pada umumnya bekerja di coworking space bekerja itu tak ubahnya bekerja di kafe. Dimana biasanya juga ada fasilitas pendukung yang memanjakan.

Baca juga: Rapat Digital di Ruang 3 Dimensi

Keuntungan Bekerja di Coworking Space yang Nyaman

Banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan apabila seorang pebisnis bekerja di coworking space ketimbang menyewa properti atau gedung sebagai kantor.

Berikut beberapa keuntungan bekerja di coworking space:

1. Mengurangi Dana Operasional

Perusahaan yang baru memulai menjalankan bisnisnya tentu akan sangat kewalahan apabila menyewa gedung sebagai kantor. Selain harus membayar sewa, para pengusaha juga harus memikirkan biaya operasional lain seperti perawatan gedung, air, listrik, internet dan yang belum terlihat lainnya.

Hal ini tentu saja menjadi penghambat yang serius. Apalagi perusahaan tersebut baru merintis dengan dana yang pas-pasan.

Coworking space menjadi alternatif agar dana dan keuangan dapat dioptimalkan secara maksimal. Sehingga perusahaan tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya yang tidak perlu.

2. Membangun Relasi dan Kerja sama

Karena di suatu ruangan tersebut banyak sekali pekerja yang berasal dari beberapa latar belakang yang berbeda. Tentunya akan membuat satu dengan yang lainnya mudah membangun relasi dan kerja sama.

Seringnya berinteraksi membuat mereka mulai memahami budaya kerja satu dengan yang lain. Mulai dari hal-hal mendasar hingga yang kekinian.

Berangkat dari situ, perlahan relasi dan kerja sama saling dibangun. Dengan begitu perusahaan akan berkembang pesat karena banyaknya inputan atau masukan.

Mereka saling mengisi dan men-support untuk bagaimana bisa tumbuh dan berkembang. Pelan tapi pasti satu sama lain akan tumbuh bersama-sama.

3. Meningkatkan Semangat Bersosialisasi dan Bekerja

Seringnya mereka bertemu tentunya membuat mereka sering berinteraksi satu dengan yang lainnya. Hal ini tentu saja dapat meningkatkan semangat bersosialisasi dan bekerja lebih baik.

Siapa tahu dengan mengobrol dikala longgar, akan membuat pikiran menjadi lebih fresh. Sehingga beban pekerjaan tidak terlalu berat.

Semisal lelah dalam menjalankan bekerja dan melihat mereka yang giat bekerja. Otomatis semangat yang sempat meredup akan terpompa kembali. Dan pekerjaan pun kembali dilakukan.

Tips Memilih Coworking Space

Meskipun tampak menyenangkan, tentunya tidak semua coworking space memiliki tempat yang nyaman.

Karena banyaknya orang dengan latar belakang yang berbeda di sana, membuat orang kadang memiliki sifat toxic. Hal-hal ini biasanya akan mengganggu dan menghambat pekerjaan.

Nah buat kamu yang ingin memakai coworking space untuk bekerja. Berikut ini beberapa tips memilih coworking space yang nyaman.

1. Pilih Coworking Space Sesuai Kebutuhan

Setiap perusahaan miliki unit yang berberbeda-beda. Pun demikian setiap orang memiliki pekerjaan yang berbeda-berbeda.

Usahakan dengan mengetahui basic dari lini bisnis untuk bisa terakomodir dalam 1 coworking space. Akan tidak efektif kemudian bila satu dengan yang lain bekerja di lokasi yang berjauhan.

Perhatikan pula jika perusahaan memiliki agenda rapat dan meeting dengan karyawan atau klien dalam jumlah besar. Ada baiknya memilih coworking space yang memiliki tempat untuk mengakomodir kebutuhan tersebut.

Karena apa, dengan fasilitas tersebut kamu tidak perlu mengganggu karyawan lain saat melakukan rapat. Tidak lucu apabila masih dalam jam kerja dan banyak orang di sana, tiba-tiba saja kamu mengadakan rapat tanpa mempedulikan orang lain di sana.

Hal itu mengakibatkan orang-orang merasa terganggu atas hal itu. Atau kalau perusahaan membutuhkan ruang tertutup untuk membicarakan hal-hal yang sifatnya “rahasia dapur.”

Ada baiknya memilih coworking space yang miliki ruang khusus yang bisa digunakan. Ingat tidak semua informasi bisa dibagikan kepada orang lain.

2. Lokasi Coworking yang Strategis

Tips memilih coworking space berikutnya tentu saja berada di lokasi strategis. Bukan hanya sekadar dekat rumah tapi ada hal lain yang harus dipikirkan semisal akses jalan.

Strategis di sini mengacu pada beberapa hal. Salah satunya mudah atau tidak diakses oleh klien atau orang lain yang akan menjadi partner kerjamu.

Karena hal itu juga memengaruhi. Klien yang biasanya memerlukan hal-hal instan dan yang mudah-mudah saja, tentunya menginginkan tempat yang sangat mudah diakses.

Jika tidak demikian, maka hal terburuk yang akan muncul bisa jadi adalah pembatalan dari para klien dan partner kerjamu. Merugikan bukan?

3. Coworking Space Miliki Lingkungan Sehat

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, lingkungan yang tidak sehat akan menghambat pekerjaanmu. Lingkungan tidak sehat di sini bukan lingkungan yang tercemari oleh keadaan alam tapi lebih pada situasi kerja yang tidak kondusif.

Jika ada teman toxic di dalamnya tentunya akan sangat mengganggu. Nah sebaiknya kamu mencari coworking space yang tidak ada hal-hal demikian. Sehingga pekerjaanmu lancar dan kamu dapat membangun relasi yang sehat.

Mudah bukan dan pastikan tips memilih coworking space ini dipahami agar menemukan tempat kerja terbaik.

Tinggalkan komentar