Manfaat Membangun Employee Development Program

Employee Development Program menjadi tema yang mengemuka dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini karena manajemen tahu betul bila program ini terlaksana dengan baik maka perusahaan akan mendapat sejumlah keuntungan.

employee development program
pixabay.com

Perusahaan pun berlomba-lomba untuk menerapkan employee development program. Hanya mereka yang menganggap karyawan sebatas tenaga kerja saja yang tidak mau menerapkan program berkelanjutan ini.

Kegiatan ini juga terbukti ampuh sebagai upaya meningkatkan kemampuan karyawan. Ingat, mereka khususnya para milenial kini bekerja tak cukup hanya untuk mendapat gaji.

Mereka juga telah menyadari betapa pentingnya upskill dan upgrade kemampuan diri. Bahkan ada beberapa karyawan yang memilih bergabung dengan perusahaan kecil selama mereka bisa berkembang daripada bergabung dengan perusahaan besar tapi hanya untuk bekerja semata.

Baca juga: Mengenal Smart Leadership Development Program

Employee Development Program Itu Sebuah Keharusan

Saat ini berdasar survey yang dilakukan LinkedIn menunjukkan bahwa perusahaan telah secara aktif melakukan investasi yang cukup besar untuk Learning and Development. Satu bagian yang bisa jadi dulu hanya sebatas pelengkap dan kewajiban perusahaan kepada karyawan saja.

Employee development program dapat dikatakan sebagai kegiatan atau aktivitas yang disusun perusahaan secara terencana untuk meningkatkan kualitas karyawan yang ada di dalamnya. Bentuknya pun macam-macam tapi yang populer tentu saja melalui serangkaian training berkelanjutan.

Untuk sampai ditahap ini perusahaan harus memiliki tujuan atau goal yang terukur. Dengan demikian metode yang digunakan akan tepat sasaran.

Terlihat dengan jelas kemajuan zaman yang ditandai adanya berbagai teknologi kekinian. Siapa saja yang tidak mau belajar sudah pasti akan ketinggalan.

Bila beberapa tahun lalu, pekerjaan itu harus dikerjakan di kantor atau pada satu tempat khusus tapi kini tidak lagi. Mereka yang miliki kompetensi khusus pun kini bisa tetap bekerja meski di rumah.

Baca juga: 5 Skill Leadership Development Program

Berikut beberapa alasan kenapa employee development program harus dijalankan:

1. Lebih Hemat Opex

Perusahaan pada prinsipnya sangat menyukai dengan kata hemat. Dimana mereka tidak perlu biaya besar tapi dapat angka terbaik.

Dalam kaitan sumber daya manusia bisa jadi biaya terkait gaji dan seluk beluknya cukup banyak. Terlebih bila karyawan memiliki trend turn over tinggi.

Bisa jadi akan banyak pengeluaran tak terduga dalam jumlah besar. Hal ini bukan ongkos atau biaya untuk rekrutmen semata.

Lebih dari itu juga untuk mentraining karyawan hingga siap kerja. Perusahaan yang menyadari Employee Development Program maka sebisa mungkin akan menjaga karyawan yang ada.

Ibarat kata daripada dana digunakan untuk kegiatan rekrutmen dan pelatihan karyawan baru. Lebih baik digunakan untuk meningkatkan kualitas / ketrampilan karyawan yang ada.

Masih menurut sumber yang sama, tak kurang dari 94% karyawan cenderung akan bertahan pada perusahaan yang memperhatikan Employee Development Program.

2. Meningkatkan Produktivitas dan Kepuasan Kerja

Hemat itu bisa jadi padanan kata dari peningkatan produktivitas. Artinya sumbangsih karyawan pun akan lebih baik.

Maklum saja dengan berbagai upaya dari perusahaan untuk peningkatan kualitas sumber daya pada akhirnya untuk meningkatkan produktivitas.

Mereka (para karyawan) yang berkesempatan mendapatkan berbagai kegiatan menarik dari karyawan pun cenderung akan loyal dan memiliki kepuasan kerja yang tinggi.

Menyadari bahwa perusahaan peduli akan karyawan dan tidak saja hanya berpikir tentang profit semata.

3. Meningkatkan Employee Engagement

Karyawan dan perusahaan seyogyanya saling keterikatan. Tidak ada yang merasa lebih tinggi dan lebih butuh melainkan keduanya saling membutuhkan.

Layaknya orang pacaran atau berpasangan dimana satu sama lain akan saling melengkapi dan memberikan yang terbaik. Bagi mereka yang kurang beruntung bisa jadi tidak merasakan hal ini.

Namun faktanya telah cukup banyak orang-orang yang merasakan timbal balik positif ini. Dimana karyawan bukan lagi merasa bekerja hanya sebatas membarter waktu dengan uang.

Lebih dari itu setiap karyawan seyogyanya merasakan kepuasan dengan pekerjaan dan hasil kerja mereka. Komitmen penuh dan kerja totalitas itu akan benar-benar hadir dalam kehidupan sehari-hari.

Orang-orang bekerja dalam satu hari idealnya adalah 8 jam. Satu waktu yang panjang pastinya karena sepertiga waktu dihabiskan di lingkungan perusahaan. Sebuah kerugian bagi mereka tentunya yang bekerja asal selesai tanpa sentuhan rasa.

4. Menarik Kandidat Berbakat

Talenta-talenta baru akan bermunculan dengan adanya Employee Development Program. Hal ini pasti menjadi keuntungan bagi perusahaan karena mereka tinggal mendistribusikan pada bagian yang tepat.

Mereka yang miliki potensi terpendam pun akan bisa bangkit dan turut memberikan kontribusi lebih untuk perusahaan. Cara ini pasti akan lebih hemat daripada harus merekrut dari luar yang belum diketahui kapasitas dan kompetensinya.

Kesempatan terbuka lebar ini juga memberikan rasa percaya bagi setiap karyawan bahwa mereka pun miliki kesempatan yang sama untuk berkembang.

5. Melatih Pemimpin Masa Depan

Keuntungan lain yang didapat dengan adanya employee development program tentu saja memberi kesempatan bagi para calon pemimpin di masa yang akan datang untuk tampil. Melatih mereka untuk berani berbicara di depan forum karena kegiatan ini kaya akan kegiatan pelatihan.

Kita tentu sama-sama mengamini bahwa pemimpin di masa yang akan datang itu hadir dengan proses, dengan berbagai ujian dan bukan serta merta muncul secara tiba-tiba.

Kegiatan employee development program ini pun bisa diperkaya sesuai dengan tujuan dan kondisi yang ada. Diperkaya ini tentu saja dengan adanya berbagai inovasi dan kebaruan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Terakhir, coba perhatikan di tempat kamu bekerja sudah seberapa persen kegiatan ini berlangsung. Bila belum terlalu kental maka ada baiknya komunikasikan dengan pihak terkait.

Semoga saja employee development program menjadi satu kegiatan yang bisa diterima semua pihak.

Give a Comment