Cara Mengetahui Kata Sandi Instagram yang Lupa

Saat ini Instagram bisa jadi merupakan aplikasi media sosial yang paling banyak dan sering digunakan. Dan karenanya kita harus tahu cara mengetahui kata sandi Instagram untuk satu kondisi buruk yang tidak dinginkan.

cara mengetahui kata sandi instagram
dok Instagram

Aplikasi ini setara dengan Facebook. Memiliki sistem yang bisa digunakan untuk menyimpan kata sandi atau email di aplikasi tersebut.

Dengan demikian ketika ingin masuk ke Instagram, kamu bisa langsung masuk secara otomatis. Namun ada kelemahan dari sistem tersebut yakni membuatmu lupa dengan kata sandi Instagram sendiri.

Mengapa begitu? Karena saking lamanya tidak menulis kata sandi, membuat seseorang lupa apa kata sandi dari Instagramnya sendiri.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya kamu menyimpan kata sandi di akun google-mu. Sehingga ketika hendak membeli HP baru, kamu bisa login Instagram menggunakan akun yang sama karena sudah mengetahui kata sandi atau password-nya.

Kata Sandi Instagram

Kata sandi Instagram merupakan komponen yang penting untuk akun instagram itu sendiri. Karena dengan kata sandi kamu bisa menyembunyikan privasi di akun Instagrammu.

Selain itu kamu bisa menghindari peretasan akun Instagram atau pembajakan. Meskipun memang Instagram jarang sekali diberitakan mudah diretas.

Tetap saja kamu wajib berhati-hati agar akun Instagram kamu tidak menjadi korban peretasan oleh para hacker.

Baca juga: Cara Membuat WhatsApp Bisnis

Cara mengetahui Kata Sandi Instagram

Sudah sejak lama kamu ingin mengetahui apa kata sandi Instagram kamu. Karena memang sejak pertama membuat kamu tidak pernah mengeluarkan akun dari Instagram yang ada di android.

Selanjutnya mau tidak mau, ketika hendak berselancar di Instagram, kamu tidak perlu memasukkan kata sandi terlebih dulu. Dan karena kepraktisan tersebut, kamu bisa melupakan kata sandi Instagrammu.

Alhasil karena lupa, ketika hendak mengganti handpone android, kamu perlu login menggunakan kata sandi karena di smartphone baru kamu tidak akan bisa login secara otomatis seperti di Instagram sebelumnya.

Perangkat baru membuat kamu harus login seperti semula. Karena dulu kamu membuatnya menggunakan email dan kata sandi, kamu tidak bisa login menggunakan nomor yang sama sekali belum kamu daftarkan.

Semakin bingung kan? Tenang saja. Berikut ini cara mengetahui kata sandi Instagram yang bisa kamu coba untuk mengetahui kata sandi yang sempat hilang dari ingatanmu.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar kata sandimu bisa kamu ingat kembali dan kamu juga bisa login di aplikasi Instagram baru.

Berikut caranya:

1. Melalui Browser

Cara pertama yang paling mudah dan bisa dicoba tentu saja menggunakan Browser. Catatan penting buat kamu, browser yang digunakan tidak harus sama.

Gunakan saja browser senyaman mungkin sehingga kamu bisa mengikuti atau mencoba beberapa langkah ini. Untuk cara pertama ini, cara mengetahui kata sandi Instagram melalui aplikasi browser Google Chrome.

Berikut caranya:

Download aplikasi Google Chrome di Playstore
Pasang aplikasi tersebut di android kamu
Buka aplikasi Google Chrome yang sudah berhasil kamu pasang
Jika kamu pernah memakai Instagram melalui Google Chrome ini dan kamu menyimpan kata sandi dan emailnya, maka kamu bisa melanjutkannya
Klik titik tiga bertumpuk yang ada di pojok kanan atas
Scroll ke bawah dan pilihlah menu pengaturan/setting
Scroll lagi sampai kamu menemukan tulisan password
Klik tulisan tersebut, maka secara otomatis kata sandi Instagram yang pernah kamu gunakan atau kamu simpan ada di situ.

Bagaimana jika belum pernah menggunakan Instagram sama sekali di aplikasi browser? Kamu bisa mencoba cara lain.

Karena ada banyak sekali cara untuk mengetahui kata sandi Instagram milik kamu. Jangan berkecil hati terlebih dulu.

2. Melalui Email

Cara kedua, kamu bisa mengetahui kata sandi Instagram melalui email yang kamu daftarkan ke Instagram. Cara ini merupakan cara yang paling efektif untuk mengetahui kata sandi dari akun Instagram kamu.

Setelah membaca dan mencoba cara ini, kamu bisa sedikit mengikis kekecewaan atau kegelisahan bila tahu cara ini.

Nah berikut ini caranya:

Buka aplikasi Instagram di ponsel.
Lalu pilih login.
Ketikan nama akun Instagram atau username dengan benar.
Selanjutnya pilih menu “Forgot password.”
Ketik alamat email yang terdaftar dan tercantum pada Profile Information di akun Instagram sebelumnya di kolom yang sudah disediakan.
Pilih “Send Login Link” agar link recovery password Instagram bisa terkirim ke email akun Instagram.
Buka e-mail nya.
Temukan e-mail dari Instagram yang berisi cara dan link untuk melakukan recovery password.
Ikuti langkah-langkah sesuai dengan petunjuk yang terdapat pada email tersebut.
Buat password atau kata sandi yang miliki tingkat kerumitan tinggi untuk login dan masuk ke profil instagram.

Email sangat membantu apabila kamu ingin mengetahui kata sandi Instagram kamu. Karena email selalu tertanam di Gmail atau di android, tentu kamu bisa memanfaatkannya untuk mengetahui kata sandi tersebut.

Melalui verifikasi dan recovery kata sandi, kamu bisa membuka Instagram lagi di HP android baru kamu.

3. Menggunakan Nomor HP

Selain dengan email, kamu bisa mengetahui kata sandi menggunakan nomor HP. Asalkan nomor HP yang sedang kamu pakai sudah pernah kamu daftarkan di akun Instagram kamu.

Nomor yang sudah terdaftar akan memudahkanmu mengetahui kata sandi Instagram. Bagaimana bisa?

Berikut penjelasan yang lebih detail:

Buka aplikasi Instagram.
Pilih menu “Dapatkan Bantuan” untuk Masuk yang ada di bagian bawah laman login.
Pilih menu “Kirim SMS” pada laman Akses akses akun.
Ketik nomor telepon Hp yang telah terdaftar di akun Instagram, lengkap dengan kode negara. Untuk Indonesia maka kode negaranya adalah +62 di depan nomor Hp.
Tunggu hingga ada SMS dari Instagram.
Buka SMS tersebut dan klik tautan link untuk melakukan recovery password.
Password yang baru tersebut akan bisa digunakan untuk login di akun Instagram yang bersangkutan.

Cara ini hampir mirip dengan email tadi. Kamu diminta untuk melakukan recovery password agar bisa masuk ke Instagram yang ada di HP android baru kamu.

Hanya saja bedanya, ketika kamu menggunakan nomor HP ini, link yang dikirim bukan melalui email, melainkan melalui sms. Pastikan kamu memiliki pulsa. Baik pulsa reguler atau pulsa sms.

Agar link recovery muncul di sms kamu.

4. Menggunakan Akun Facebook

Jika akun Facebook kamu terhubung dengan Instagram, kamu bisa menggunakan akun ini untuk mengetahui kata sandi dari Instagram. Karena Facebook dan Instagram sekarang bisa dihubungkan maka kini alan lebih mudah dalam proses mengetahui sandi Instagram

Berikut langkah yang bisa dilakukan:

Buka aplikasi Instagram, atau pilih menu “Tambahkan Akun Lain”, jika sudah membuka suatu akun Instagram.
Pilih menu “Masuk ke Facebook” yang ada di bagian bawah laman login, atau bisa juga memilih menu “Dapatkan Bantuan” untuk Masuk yang ada di bagian bawah laman login, kemudian pilih menu “Masuk dengan Facebook.”
Hingga muncul laman untuk login ke Facebook
Masukkan data nama akun Facebook dan passwordnya hingga masuk.
Instagram akan Konfirmasi apakah ingin masuk / login ke akun Instagram dengan menggunakan akun Facebook.
Pilih menu “Lanjutkan.”

Itu dia beberapa cara mengetahui kata sandi dan reset password Instagram yang bisa digunakan. Khususnya untuk membuka Instagram menggunakan HP android.

Lupa kata sandi karena terlalu lama tidak menuliskannya merupakan hal yang masih bisa dimaafkan dan bisa diatasi dengan berbagai cara tersebut.

Give a Comment