Cara Membuat WhatsApp Bisnis, Praktis dan Pasti Efektif

Siapa sangka bila WhatsApp bisa berkembang sedahsyat ini dan sejak kemunculannya senantiasa mencuri perhatian. Dan kini saatnya bagi para pelaku usaha untuk memahami cara membuat WhatsApp Bisnis untuk sukseskan usaha mereka.

cara membuat whatsapp bisnis

Satu aplikasi percakapan yang tidak saja hanya memudahkan komunikasi. Lebih dari itu ada segudang manfaat yang bisa dioptimalkan.

Tidak sulit dan semua orang pasti bisa menggunakan. WhatsApp Bisnis tergolong simple tapi powerfull dimana di dalamnya terdapat berbagai fiture yang bisa permudah proses bisnis.

Satu alasan klasik yang menunjukkan aplikasi ini harus dipakai tentu saja karena hampir semua orang bisa dipastikan memilikinya. Menggantikan pesan singkat yang biasa kita kenal dengan SMS atau short message service karena harganya cukup mahal.

WhatsApp Bisnis bisa dikatakan sebagai jawaban dari penyedia WhatsApp yang diperuntukkan bagi pelaku usaha. Dimana WhatsaApp biasa tidak miliki kemampuan atau fitur yang ada dalam WhatsApp Bisnis.

Baca juga: Manfaat Inovasi Produk untuk Pengembangan Bisnis

Mengenal Apa itu WhatsApp Bisnis

Secara sederhana WhatsApp Bisnis dapat dikatakan sebagai aplikasi percakapan yang didesain khusus bagi para pelaku usaha. Dimana aplikasi ini bisa diandalkan dan bisa mempermudah proses komunikasi.

Aplikasi yang sangat tepat dan harus dipakai tentunya, khususnya untuk para pelaku usaha kecil baik itu UMKM maupun UKM. Fitur-fitur menarik yang bisa diandalkan antara lain membalas otomatis / cepat, sortir pelanggan, menampilkan katalog produk, menampilkan jam buka, hingga informasi-informasi penting lainnya.

Kelebihan WhatsApp Bisnis

Aplikasi yang satu ini benar-benar bisa diandalkan. Sebagai bukti, dikutip dari situs Kata Data pengguna WhatsApp di dunia tembus diangka 2 miliar pengguna lebih.

Artinya aplikasi ini bisa diterima di seluruh dunia dengan baik, bukan hanya di tanah air saja. Ada sejumlah alasan atau kelebihan dari WhatsApp sehingga banyak dipilih:

1. Mudah Digunakan

Tak ada yang akan berani menolak dengan alasan yang satu ini. Dimana aplikasi ini sangat user friendly dimana mereka tanpa harus belajar langsung bisa menggunakan.

Pun demikian bila ingin digunakan untuk mempromosikan satu produk.Terdapat fitur katalog layaknya buku katalog atau etalase toko yang bisa menunjukan produk apa saja yang ingin ditawarkan.

Jangan lupa berikan diskripsi dan informasi sedetail mungkin. Tujuannya, tanpa harus bertanya calon pelanggan langsung bisa melakukan pembelian.

Fitur menarik lainnya katalog ini bisa juga dibagikan dengan sengat mudah. Terutama bila ingin menyebar ke berbagai calon pelanggan baik yang ada di WhatsApp, Instagram maupun Facebook.

Cukup di rumah sambil rebahan toko online sudah bisa dioperasikan dengan baik. Jangan lupa berbagai fitur yang lain pun harus digunakan sehingga WhatsApp Bisnis akan lebih powerfull.

2. Komunikasi Lebih Intens

Kini jarak dan waktu bukan alasan untuk menunda penawaran ke calon pelanggan. Adanya berbagai fitur menarik akan sangat membantu para pelaku usaha mulai dari balas pesan otomatis.

Bukan hanya dengan satu template ucapan saja tapi ada banyak hal bisa disiapkan mulai dari balas cepat, sapaan hingga away message atau pesan otomatis di luar waktu kerja.

Semua itu akan memberi kesan bahwa pemilik usaha sangat responsif dan betul-betul memperhatikan kondisi pelanggan maupun calon pelanggan. Perlu juga diketahui bahwa saat ini pembeli lebih jeli dimana mereka rela membayar sedikit lebih mahal untuk layanan lebih baik.

3. Menjaga Kepercayaan

Tidak mudah menjaga kepercayaan pelangan. Harus ada upaya khusus bagi pemilik usaha untuk meyakinkan bahwa customer servise adalah mereka yang terlatih bukan sebatas seorang yang membalas chat saja.

Adanya nomor WhatsApp Bisnis dalam sebuah kartu nama akan meyakinkan siapa saja bahwa bisnis tersebut benar-benar ada dan profesional. Tidak semua orang bisa menggunakan nomor yang akan terkoneksi dengan pelanggan karena bisa jadi didalamnya ada data yang sifatnya penting.

Profil bisnis yang ada dalam WhatsApp Bisnis akan meyakinkan siapa saja bahwa mereka tidak salah komunikasi. Cara ini secara tidak langsung juga bisa digunakan sebagai upaya branding akan bisnis dijalankan.

Baca juga: Nikmati Kemudahan Hidup dengan Teknologi Digital

Cara membuat WhatsApp Bisnis

Cara membuat WhatsApp Bisnis sangatlah mudah dan hampir semua orang dipastikan bisa membuatnya. Namun bila ragu pastiskan step by step sesuai petunjuk di bawah ini.

1. Download WhatsApp Bisnis

Bagi yang sering menggunakan WhatsApp biasa maka tinggal download / unduh WhatsApp Bisnis baik itu di Play Store bagi pengguna Android maupun App Store bagi penguna iOS.

2. Masukkan Nomor Telepon

Sama dengan WhatsApp pada umumnya dimana kita harus masukkan nomor telepon dan melakukan verifikasi. Pastikan jaga nomor OTP karena sifatnya rahasia dan tidak boleh diberikan kepada siapapun.

3. Lengkapi Profil Bisnis

Profil WhatsApp tak ubahnya perwajahan kita dan ada ada baiknya lengkapi sedetail mungkin. Hal ini akan memudahkan bagi siapa saja untuk melihat produk dan memberikan kesan profesional.

4. Atur Menu Balas Pesan Otomatis

Satu fitur yang harus dioptimalkan dalam WhatsApp Bisnis adalah menu balas pesan otomatis. Cara ini akan memberi kesan kita sebagai pemilik usaha responsif kepada pelanggan.

Ingat, saat ini pebisnis tahu betul bahwa kecepatan servis memiliki nilai jual lebih. Tak mau membuat pelanggan menunggu maka dengan fitur ini akan terlihat kita siap membantu 1 kali 24 jam.

Fitur WhatsApp Bisnis yang harus Dipakai

Ada banyak fitur “tersembunyi” dan bisa jadi tidak setiap orang bisa menggunakannya. Bila kamu juga menggunakan WhatsApp Bisnis maka ada baiknya buka dan optimalkan sekarang juga.

Berikut fitur khusus yang ada ada pada WhatsApp Bisnis dan harus dicoba:

1. Nama Akun Pengguna

Bagi mereka yang miliki WhatsApp Bisnis pasti akan merasakan perbedaan yang begitu jelas. Dimana dalam pembuatan nama akun tidak bisa sembarangan dan tidak bisa diganti sewaktu-waktu.

Hal ini tentu saja bertujuan untuk menjaga agar para pemilik usaha benar-benar serius untuk mengatakan bahwa ini adalah nama bisnis mereka. Bahkan dalam redaksional pun akan diperhatikan dimana penulisan nam harus mengacu pada ejaan bahasa Indonesia.

2. Profil Bisnis

Lengkapi profil bisnis sebaik mungkin. Jangan ada ruang yang terkesan kosong karena semakin lengkap sejatinya kita telah menunjukkan toko secara utuh.

Jangan lupa berikan informasi terkait bisnis bukan hanya nama semata. Tapi harus juga dilengkapi dengan alamat, kategori, deskripsi, email hingga situs bila memang ada.

3. Pesan Otomatis

WhatsApp Bisnis saat ini setidaknya menyediakan 3 fitur balas otomatis. Mulai dari Away Message untuk balas pesan otomatis di luar jam kerja, Greeting Message untuk menyapa mereka yang baru kali pertama berhubungan dan Quick Replies atau balas cepat.

Ada baiknya untuk membuat beberapa template kalimat yang akan digunakan. Begitu ada pertanyaan yang sifatnya normatif dan kita harus membalas cepat maka tinggal mengirimkannya.

4. Katalog

Seperti yang disampaikan di atas bahwa WhatsApp Bisnis tak ubahnya toko online. Dimana mereka bisa hadirkan katalog untuk menjawab kebutuhan pelanggan.

Menyiapkan etalase seciamik mungkin akan membuat siapa saja yang melihat akan langsung tertarik dan melakukan pembelian. Sangat disarankan untuk memberikan informasi selengkap dan seakurat mungkin.

5. Statistik Pesan

Penasaran berapa pesan yang masuk di WhatsApp Bisnis. Silakan cek statistik pesan dan dari sini akan terlihat berapa yang terkirim, diterima, dan dibaca.

Dari statistik ini pelaku usaha kemudian bisa melakukan evaluasi strategi mana yang paling tepat. Bila ketemu pola yang efektif maka bisa digunakan sebagai alternatif terbaik untuk penawaran.

6. Kategori Bisnis

Kelebihan lain dari WhatsApp Bisnis tentu saja kita sebagai pemilik usaha bisa menentukan Kategori Bisnis. Cara ini akan memudahkan siapa saja untuk mengenali bisnis apa yang kita jalankan.

Andai saja miliki satu kategori yang tidak ada di situ maka disarankan untuk pilih menu ”others” atau “lainnya.” Namun kondisi ini sangat jarang karena penyedia tahu betul kategori bisnis apa yang paling banyak dijalankan.

7. Label

Agar produk lebih mudah ditemukan maka jangan lupa gunakan fitur label. Fitur ini akan mengelompokkan chat berdasar kriteria. Label yang disarankan untuk digunakan antara lain pesan baru, prospek, proses pembayaran, dan pesan selesai.

Namun demikian tiap pemilik usaha pastinya bisa membuat label sesuai kebutuhan. Sebisa mungkin label ini harus berfungsi memudahkan bukan sekadar gaya-gayaan semata.

8. Tanda Centang Akun Bisnis

Kelebihan lain dari WhatsApp Business tentu saja bisa didaftarkan untuk mendapatkan verifikasi atau centang akun bisnis. Tidak semua akun bisa mendapatkan pengakuan ini.

Hanya bisnis yang bisa dibuktikan kebenarannya saja yang akan mendapat tanda centang. Ada baiknya untuk daftarkan agar siapapun yang mendapat pesan dari WhatsApp Bisnis tidak ada yang meragukan.

Selain beberapa kelebihan diatas tentunya masih ada hal menarik lainnya yang bisa digunakan. Jangan sampai layanan gratis rasa premium ini tidak dioptimalkan dan saatnya praktik cara membuat Whatsapp Bisnis sekarang juga.

Give a Comment