8 Panduan Memulai Bisnis Jasa Pembuatan Website

Freelanceer pun kini bisa bersaing dengan perusahaan dalam jasa digital. Terutama dalam kaitan bisnis jasa pembuatan website.

bisnis jasa pembuatan website
freepik.com

Mungkin beberapa tahun lalu orang berpikir untuk memiliki sebuah situs atau website membutuhkan modal besar dan syarat yang tak mudah. Tapi kini tidak lagi, hampir semua orang bisa memiliki website.

Masalah selanjutnya adalah bagaimana website tersebut bisa powerfull. Dalam artian memiliki kecepatan yang baik, user friendly dan pastinya SEO friendly.

Tiga hal ini memberi peluang bagi siapa saja untuk miliki bisnis jasa pembuatan website. Satu produk yang bisa dipastikan dibutuhkan siapa saja baik itu untuk perorangan apalagi untuk perusahaan.

Website kini bulan lagi barang mewah dan kamu yang belum pun bisa miliki dengan mudah. Namun bila ternyata kamu sudah miliki dan tertarik untuk membuka jasa pembuatan website maka ada baiknya ikuti panduan di bawah ini.

Peluang Bisnis Jasa Pembuatan Website

Jasa ditawarkan disini ada baiknya bukan hanya sebatas membuat dan selesai. Beli putus dirasa kurang optimal kalau saja kita bisa memberikan servis lebih.

Sebut saja jasa maintenance agar website senantiasa sehat, jasa pembuatan artikel hingga optimasi untuk menjaga bagaimana tetap berada diranking satu.

Secara prinsip semua proses tersebut tidak akan saling bertentangan. Yang ada satu sama lain akan saling melengkapi. Artinya kemampuan yang ada akan terus berkembang bila kita bersedia untuk mengambil semua job berkaitan dengan bisnis jasa pembuatan website.

Bisnis murah meriah dan berpotensi untung banyak pastinya. Semua itu karena kini dalam bisnis digital yang ditawarkan adalah kreatifitas.

Bukan melulu hanya tampil bagus saja. Lebih dari itu juga harus memberikan kesan yang berbeda. Berharap siapapun yang melihat akan tahu betul bahwa itu adalah hasil tangan dingin kita.

Beberapa hal perlu disiapkan sebelum benar-benar terjun dalam bisnis jasa pembuatan website. Bukan hanya sarana dan prasarana semata, lebih dari itu harus ada yang sifatnya fundamental.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Startup untuk Pemula

Penasaran apa saja yang harus disiapkan berikut ulasannya. Tentang bagaimana memulai bisnis jasa pembuatan website agar lebih powerfull.

1. Miliki Ciri Khas

Kini sesuatu yang original dan beda akan lebih diminati daripada sesuatu yang nampak bagus tapi biasa saja. Oleh karena itu sejak awal harus dapat ‘membungkus’ apa yang bisa dijadikan ciri khas dan miliki nilai jual.

Tak mudah pastinya untuk temukan ciri khas. Namun pastinya hal ini bukan sesuatu yang tidak mungkin selama orang-orang dalam bisnis jasa ini miliki cara berpikir yang out of the box.

Mencoba menawarkan sesuatu yang berbeda dan memberi pengalaman berkesan bagi pengguna. Dengan miliki ciri khas maka semua orang akan dengan mudah mengenali siapa kita.

Ciri khas ini nantinya bisa ditarik dalam bentuk brand. Dan pastinya akan sangat membantu dalam proses promosi dan branding.

2. Mikro Spesifik

Selain memiliki kekhasan ada baiknya jasa apapun itu miliki segmentasi yang mikro spesifik. Jangan terlalu serakah dan ingin ambil semua job yang ada.

Kalau ini benar terjadi maka besar kemungkinan nilai kekhasan atau sentuhan itu tidak akan ada. Berani menentukan nilai tawar semisal hanya akan mengerjakan projek untuk UMKM atau UKM saja.

Artinya jangan coba-coba ambil segmen yang lain karena terlalu berisiko. Kuasai betul segmen market yang ingin diambil.

3. Siapkan Website Company Profile

Bila 2 pertanyaan diatas telah terumuskan dengan baik maka siapkan website company profile. Sudah hukum alam pastinya mereka yang akan menggunakan jasa kita adalah mereka yang sudah melihat apa yang kita kerjakan.

Website company profile bisa jadi adalah satu cara terbaik untuk memasarkan produk dalam bisnis jasa pembuatan website. Beri sentuhan artistik bukan hanya fungsi akan semakin memberi nilai lebih di mata calon pelanggan.

4. Servis adalah yang Utama

Dalam dunia bisnis khususnya jasa ternyata bukan hanya produk dan harga murah yang akan menjadi pertimbangan bagi seseorang untuk membeli. Banyak diantara mereka telah rela untuk membayar sedikit lebih mahal untuk satu layanan yang lebih baik.

Gunakan hosting terbaik dalam proses bisnis jasa pembuatan website. Tujuannya jangan sampai ada klien yang merasa kecewa ternyata loading-nya cukup lambat.

5. Perlengkapan Minimal harus Ada

Bisnis kini tak ubahnya perang. Siapapun yang ingin menang harus siapkan perlengkapan yang memadai. Tanpa ini semua bisa jadi akan menghasilkan produk ala kadarnya.

Calon pelanggan kini pun cukup cerdas dan tidak mudah percaya begitu saja. Mereka akan mencari tahu seberapa siap kita akan handle projek mereka. Oleh karena itu perlengkapan yang memadai adalah sebuah keharusan.

6. Lengkapi Akun Media Sosial

Bisnis digital itu identik dengan media sosial. Sudah sewajarnya kemudian bila pemilik jasa pembuatan website miliki semua akun media sosial tanpa kecuali.

Terutama media sosial yang sangat familiar bagi masyarakat luas. Sebut saja Instagram, Fanspage, Twitter, Linkedln. Akan lebih baik bila sosial media tersebut aktif karena bisa dipastikan calon pelanggan akan menghubungi kita via sosial media.

Baca juga: 7 Rekomendasi Tempat Promosi Bisnis Online

7. Buat Kartu Nama Bisnis

Fakta yang cukup menarik, ternyata selain pemasaran online ada sebagian yang masih efektif dengan cara offline. Cara paling mudah tentu saja dengan membuat kartu nama bisnis.

Pastikan kartu nama tersebut dibuat dengan bahan yang baik sehingga siapapun yang mendapatkan akan tidak rela bila kehilangan. Kini biaya cetak kartu nama ini pun tidak lagi mahal dan sudah sebaiknya untuk selalu dibawa.

8. Susun Strategi Marketing

Bila semua sudah ada tinggal susun strategi marketing yang tepat. Tiap pelaku usaha bisa jadi miliki strategi yang berbeda-beda.

Bukan bicara benar atau salah tapi paling penting adalah mana yang efektif dan efisien. Khususnya untuk jangka pendek dan menengah karena bisnis harus terus berjalan.

Dengan memahami beberapa panduan diatas maka siapapun yang akan mencoba beruntungan dalam bisnis ini setidaknya akan bisa berhitung. Modal berapa yang harus disiapkan dan kapan akan mulai balik modal.

Give a Comment