7 Rekomendasi Tempat Promosi Bisnis Online

Pandemi menjadi satu ujian yang cukup berat bagi banyak pelaku usaha. Untuk bisa bertahan maka mau tidak mau semua harus beralih ke go digital dan wajib menemukan tempat promosi bisnis online terbaik.

tempat promosi bisnis online
freepik.com

Harapannya tentu saja bila promosi bisnis online ini berjalan efektif dan menjangkau lebih banyak dan tepat sasaran.Namun jangan salah, kini pun ada banyak opsi tempat promosi bisnis online yang bisa dipilih.

Salah pilih bisa jadi yang ada kemudian hanya membuang dana sia-sia karena tidak tepat sasaran. Agar apa yang dipilih sebagai bagian dari proses promosi efektif maka haruslah berada di tempat yang tepat.

Promosi Bisnis Online

Sebelum melangkah lebih jauh ada baiknya setiap pelaku usaha bisnis online miliki website. Selain harganya relatif murah website juga mampu menjangkau market lebih massif.

Bahkan hanya dengan modal beberapa ratus ribu saja pelaku usaha sudah miliki web dan tinggal pakai saja. Untuk nama dipilih setidaknya harus unik dan mudah diingat.

Jangan sekali-kali menggunakan nama panjang karena akan membuat orang kesulitan menyebutnya. Selain itu juga berpotensi untuk salah ketik.

Domain yang dipilih saat ini pun ada sangat banyak, selain ada .com dan .net yang mendunia bisa juga memilih domain asli Indonesia dengan .id atau co.id. Bisa juga menggunakan domain unik semisal .online, .site, .business, .audio dan masih banyak lagi.

Bila web telah ada dan memiliki tampilan yang baik maka saatnya melakukan promosi bisnis online. Caranya ada yang berbayar dan adapula yang gratisan.

Baca juga: 6 Cara Memulai Bisnis Startup untuk Pemula

Dan kali ini BusDev pastinya ingin berbagi tempat promosi bisnis online gratis tapi powerfull. Memang ada banyak tempat bisa dipilih tapi survey membuktikan 5 tempat promosi bisnis online ini masih yang terbaik:

1. Google My Business

Kita sebagai warga +62 pasti sangat familiar dengan yang namanya google. Dan mereka ada satu produk khusus yang akan sangat membantu para pelaku usaha.

Google My Business demikian produk gratisan yang harus dimanfaatkan. Miliar orang menggunakan google dan dengan manfaatkan produk mereka sedikit banyak akan sangat membantu proses promosi bisnis online.

Jangan lupa optimalkan Google Maps untuk memberi tahu orang lain dimana alamat usaha kita. Memudahkan rekan kerja maupun pelanggan saat akan berkunjung.

Selain itu pastinya akan memberikan nilai atau kepercayaan lebih. Terutama bila rating bintang 5 bisa didapat.

Cara mendaftarkan juga sangat mudah. Cukup miliki akun gmail dan lengkapi data di www.business.site seperti milik Kanal Jogja ini.

2. Zomato

Selama ini kita identik mengenal zomato sebagai tempat menemukan makanan dan minuman. Oleh karena itu bagi siapa saja yang punya usaha dibidang kuliner baik itu tempat makan, restaurant, cafe atau sejenisnya bisa memanfaatkannya.

Nah ternyata kamu pun bisa juga memanfaatkan fitur ini agar lebih dikenal masyarakat luas. Cara kerjanya pun hampir sama dengan google dimana kita harus membuat akun dan melengkapi data selengkap mungkin.

3. Instagram

Menarik bukan ternyata dengan Instagram pun kita bisa promosi bisnis online dengan gratis. Cukup bikin foto yang eye catching dan upload serta jangan lupa gunakan caption yang menarik sehingga membuat pengunjung betah berlama-lama.

Beruntung mereka yang telah miliki follower lebih dari 10.000 maka bisa melakukan swipe up. Tidak hanya itu saja tapi kini banyak pelaku usaha berusaha mendapat centang biru.

Tujuannya untuk lebih mendapat pengakuan / kepercayaan dari pelanggan. Seperti kita tahu centang biru hanya diberikan untuk akun-akun terpercaya saja.

3. Facebook

Jauh sebelum Instagram ada kita pun sudah terbiasa menggunakan Facebook. Media sosial yang telah digunakan tak kurang dari 2.3 miliar ini juga menjadi cara efektif memasarkan satu produk.

Caranya cukup bikin page atau halaman kemudian lengkapi identitas selengkap mungkin. Menariknya kini mereka pun telah memiliki fitur toko.

Dimana setiap pemilik toko layaknya miliki toko pribadi dimana mereka bisa posting aneka produk yang ingin dijual. Berbagai tools pun telah disiapkan Facebook untuk memberi rasa nyaman bagi para pelaku usaha.

4. Twitter

Sebagai pengguna aktif twitter saya percaya media sosial yang satu ini masih sangat ampuh untuk promosi berbagai produk yang ada. Maklum saja berbagai isu dan informasi menarik bisa juga ditemukan ditempat ini.

Bila saat ini ternyata belum juga miliki Twitter maka ada saatnya untuk miliki sosial media yang satu ini. Meski belum tersedia fitur toko layaknya Instagram dan Facebook tapi tetap saja bisa diandalkan.

5. LinkedIn Business

Bagi kalangan profesional tentunya hampir bisa dipastikan mereka miliki Linkedln. Ternyata tak hanya itu saja tapi media sosial ini juga efektif untuk memasarkan satu produk.

Khususnya yang berkaitan dengan kebutuhan para profesional itu sendiri. Produk dimaksud adalah LinkedIn Business yang sediakan fitur solusi pemasaran.

6. Kaskus

Forum kasak kusuk produk asli Indonesia ini menjadi salah satu komunitas online terbesar di tanah air. Jumlah pengguna juga sangat banyak karena telah ada sejak 1999 dan sangat sayang bila tidak digunakan.

Di dalam kaskus ini terdapat berbagai fitur yang bisa dioptimalkan mulai dari sebatas forum tanya jawab hingga jual beli. Cara menggunakan juga sangat mudah karena cukup user friendly.

7. Quora

Aplikasi tanya jawab yang satu ini bisa dibilang paling asing daripada yang lain. Tapi jangan salah ternyata dalam platform ini sering ada tanya jawab dan kita bisa menggunakan celah ini untuk promosi.

Semisal ada yang bertanya tentang kayu jati terbaik. Dan kita bisa ikut memberikan komentar tentang kayu jati terbaik dan dibawahnya kita bisa promosi aneka produk kayu jati terbaik yang bisa kita jual.

Fakta menarik lainnya ternyata dari forum tanya jawab ini bisa muncul di google. Keaktifan kita memberi jawaban di forum ini secara tidak langsung memberi potensi untuk lebih dikenal di mesin pencari google.

Selain beberapa tempat promosi bisnis online diatas sebenarnya masih banyak ruang yang bisa dicoba. Hanya saja sangat sayang bila yang sifatnya gratis tidak dioptimalkan terlebih dahulu.

Give a Comment