5 Manfaat Inovasi Produk dalam Pengembangan Bisnis

Inovasi produk menjadi kata bagi perusahaan yang ingin berkembang. Oleh karena itu menjadi penting bagi semua pihak untuk memahami pentingnya akan manfaat inovasi produk.

manfaat inovasi produk
pixabay.com

Tanpa hal ini bisa jadi perusahaan hanya akan berjalan biasa saja. Tanpa ada satu gebrakan atau nilai jual yang lebih baik untuk menghadapi kompetitor.

Kompetitor ini bukan hanya “tetangga sebelah” tapi juga waktu yang terus berjalan. Produk yang ditawarkan tanpa inovasi atau kebaruan akan terlihat basi dan kemudian ditinggalkan.

Ingat akan hukum pasar dimana konsumen maunya mendapat barang terbaik dengan harga semurah mungkin. Oleh karena itu menjadi penting inovasi produk ini menjadi satu keharusan.

Ingat dengan raksasa BlackBerry, Nokia, atau Kodak dimana mereka sempat berjaya dan dikatakan yang terbaik pada masanya. Meski sejatinya kita meyakini bahwa mereka pastinya melakukan inovasi dan perbaikan.

Namun faktanya bila produk itu kurang suka atau apesnya tidak diminati masyarakat maka secara otomatis akan tersisihkan. Produk yang dihadirkan seyogyanya menyesuaikan kebutuhan akan konsumen.

Inovasi ini dalam bentuknya bisa dikatakan akan sangat variatif. Meski demikian tetap saja ada manfaat inovasi produk yang ingin didapat.

Baca juga: 6 Cara Memulai Bisnis Startup Untuk Pemula

Dari sekian banyak manfaat inovasi produk setidaknya ada 5 hal mendasar berikut:

1. Menjaga Kepuasan Pelanggan

Ingat konsumen adalah raja dan hal ini benar adanya. Siap-siap merugi bila tidak bisa menjaga kepuasan pelanggan.

Secara umum para pelanggan ini akan tertarik pada hal-hal yang sifatnya kebaruan, praktis dan fungsional. Namun demikian tidak mengesampingkan faktor tampilan yang oke punya.

Selain itu bila tidak ingin hilang maka setiap perusahaan wajib menjaga hal-hal yang sifatnya unik. Dimana sepintas lihat siapapun akan langsung tahu produk apa dimaksud.

2. Membuka Pasar Baru

Seperti kita tahu usia seseorang akan terus bertambah. Dengan demikian bisa dipastikan pasar baru itu akan terlihat di depan mata.

Semisal bila perusahaan memiliki produk dengan segmen orang dewasa. Maka mereka yang saat ini remaja akhir dalam hitungan tahun akan masuk usia dewasa.

Namun demikian definisi dewasa untuk tahun ini bisa jadi berbeda untuk 5 tahun yang akan datang. Menjadi penting kiranya bagi perusahaan untuk memikirkan pasar baru ini yang bisa diolah dengan optimal.

Atau mereka yang pada mulanya tidak tahu atau tidak tertarik. Dengan adanya inovasi maka harapannya pasti customer menjadi tertarik dan menggunakan.

Perlu juga diketahui bahwa dalam prakteknya inovasi itu bukan hanya menambahkan. Tapi juga bisa berupa mengurangi untuk mendapat harga lebih murah dan kelas bawah bisa mendapatkannya.

3. Meningkatkan Kualitas Produk

Secara umum, inovasi itu pasti identik dengan peningkatan kualitas produk. Dimana perusahaan akan berlomba-lomba memperbaiki produk yang ada.

Pembaruan atau lebih tepatnya riset ini perlu dilakukan secara berkesinambungan dan terus menerus. Pelanggan yang heterogen memberi peluang bagi siapapun untuk mendapat konsumen yang loyal yang disesuaikan dengan budget.

PR penting pastinya, apa yang dikatakan saat ini paling canggih maka bisa jadi tahun depan adalah sesuatu yang biasa. Berikutnya 10 tahun kemudian produk tercanggih saat ini dikatakan produk jadul.

4. Lebih Efisien

Manfaat inovasi produk selanjutnya tentu saja bagaimana menciptakan produk dengan cara efisien. Semisal bila dulu satu produk dihasilkan 5 tenaga kerja maka saat ini cukup 2 tenaga kerja saja.

Bukan hanya terkait dengan sumber daya manusia tapi bisa juga melalui cost / biaya hingga waktu dibutuhkan. Semu ini pastinya hanya akan terjadi bila ada inovasi berkelanjutan.

Atau sering kali bila dulu kita temukan satu produk hanya bisa melakukan satu hal. Tapi kini begitu mudah kita temukan satu produk bisa digunakan untuk berbagai hal.

5. Lebih Fleksibel

Siapapun itu pastinya tak hanya ingin satu hal yang praktis dan efisien semata. Tapi mereka juga menginginkan satu produk yang fleksibel.

Fleksibel ini bisa dikatakan multifungsi tapi sejatinya sesuatu yang berbeda. Dengan adanya fleksibilitas pastinya membuat siapa saja lebih merasa nyaman sehingga mereka tidak perlu takut membeli atau menggunakan produk yang ada.

Ibarat kata, ini produk tidak dipakai hari ini tapi masih bisa digunakan bulan depan. Bayangkan bila produk sifatnya kaku dan memaksa harus digunakan seketika. Membuat siapa saja berpikir dua kali untuk membeli dan menggunakan pastinya.

Dengan mengetahui manfaat inovasi produk maka saatnya perusahaan untuk lebih bisa berinovasi. Hal ini karena sifat dari inovasi ini pun lentur dan bisa ditarik ke mana saja.

Give a Comment